TikTok Berkongsi Investasi Rp23,4 Triliun dalam Kemitraan Strategis dengan GoTo

TikTok dan GoTo berkomitmen membantu pelaku usaha lokal mempromosikan produknya di pasar internasional

TikTok Berkongsi Investasi Rp23,4 Triliun dalam Kemitraan Strategis dengan GoTo
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk alias GoTo dan TikTok, platform entertainment global sepakat berkongsi.

Cydem.co.id' Jakarta - Senin (11/12) - TikTok, platform entertainment global, secara resmi mengumumkan kemitraan strategis dengan GoTo (Gojek Tokopedia), dengan fokus memperkuat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Dalam kesepakatan ini, TikTok akan menginvestasikan lebih dari Rp23,4 triliun sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia. Kemitraan ini bertujuan untuk memberdayakan dan memperluas pasar bagi pelaku UMKM di Indonesia.

Kemitraan ini melibatkan penggabungan bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia di bawah PT Tokopedia, dengan TikTok memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. TikTok dan GoTo menyatakan bahwa investasi ini tidak akan menyebabkan dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.

Dalam pernyataan bersama, TikTok dan GoTo menyatakan bahwa kesepakatan ini akan diawali dengan periode uji coba yang akan dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. Program pertama yang akan diluncurkan pada masa uji coba ini adalah kampanye "Beli Lokal" pada 12 Desember 2023, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), inisiatif pemerintah Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital dan pemberdayaan UMKM lokal.

Kedua perusahaan berkomitmen untuk memberikan manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia melalui platform e-commerce. Dukungan yang dijanjikan termasuk promosi produk-produk Indonesia di platform Tokopedia dan TikTok, huluasi UMKM dengan program pengembangan keahlian dari tahap produksi hingga penjualan, dukungan pemasaran, branding, dan praktik bisnis berkelanjutan bagi pedagang, serta upaya untuk membantu pelaku usaha lokal mempromosikan produknya di pasar internasional.

Selain itu, mereka akan membuka pusat pengembangan talenta digital di berbagai tempat di Indonesia dan memastikan lokapasar yang memungkinkan persaingan yang adil. Kemitraan ini diharapkan menciptakan lebih dari 90% pelaku UMKM dan mendukung penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang.

Dengan berbagai program dan dukungan yang akan diberikan, TikTok dan GoTo berharap dapat memberikan dorongan signifikan bagi pelaku UMKM di Indonesia, mengakselerasi pertumbuhan ekonomi digital, dan menciptakan ekosistem bisnis yang berkelanjutan.